SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI

Sosio Teknologi Informasi merupakan mata kuliah yang memberikan informasi perkembangan teknologi dan informasi yang ada di masyarakat indonesia dengan mengeksplore sisi baik (dampak baik) dan sisi buruk (dampak negatif) dari adanya teknologi informasi dan komunikasi yang digunakan.

Dengan hal ini, diharapkan mahasiswa dapat memiliki rasa, pemikiran dan tindakan yang tepat dalam menggunakan teknologi informasi dan komunikasi di masyarakat sehingga teknologi yang ada dapat benar-benar termanfaatkan dari sisi positifnya.

Untuk mendownload materi yang ada KLIK.

MATERI SOSIO TEKNOLOGI INFORMASI

  1. Pengenalan Sosio Teknologi Informasi dan Hak Kekayaan Intelektual : KLIK.
  2. Sistem Bilangan dan Kode: KLIK.
  3. Teknologi Informasi dan Komunikasi: KLIK.
  4. Sistem Operasi dan Teknologi Virtualisasi: KLIK.

CLOUD STORAGE. PERLU APA NGGAK ?

Apakah anda pernah mendengar kata Cloud Storage ? Jika belum pernah, maka semoga penjelasan ini bisa membantu teman teman untuk memahami apa sih Cloud Storage itu. Cloud Storage terdiri dari 2 jenis suku kata : CLOUD dan STORAGE. CLOUD = Awan, dan STORAGE = Media Penyimpanan., Jadi Cloud Storage adalah salah satu model media penyimpanan yang ada di dunia digital dimana letak atau posisi penyimpanan ada di awan (secara logic) dan sebenarnya Cloud storage merupakan terdiri dari banyak server (media penyimpanan) dengan berbagai merek cloud storage. Beberapa perusahaan yang menyediakan media penyimpanan CLOUD STORAGE antara lain Google, Microsoft, Apple, Dropbox dan lain-lain. Masing-masing perusahaan tersebut menyediakan dua versi yaitu versi gratis (FREE) dan versi berbayar (PREMIUM).

Banyak isu yang ada disekitar CLOUD STORAGE, mulai dari data yang tercuri, data hilang jika tidak diakses dalam kurun waktu tertentu dan lain-lain sebagainya. Tetapi dibalik isu isu tersebut, Cloud Storage sebenarnya telah banyak membantu pengguna komputer. Biasanya untuk mempunyai akun di Cloud Storage, kita hanya perlu menggunakan akun email yang kita miliki. menurut data dari www.statistica.com sampai dengan tahun 2016 ini terdapat 1.571.000 pengguna cloud storage.

 

Cloud Storage 2016

dari gambar diatas dapat diketahui setiap tahun mulai dari tahun 2014 sampai dengan tahun 2018 selalu terdapat kenaikan jumlah pengguna CLOUD STORAGE, hal ini disebabkan karena kebutuhan pengguna dari tahun ketahun semakin meningkat dan penggunaan teknologi digitalpun juga semakin meningkat. Mulai dari Anak-anak sampai dengan orang dewasa, mulai dari pengangguran sampai dengan Presiden.

15 Cloud Storage 2016

menurut survey dari PCMAG, terdapat 15 Cloud Storage terbaik 2016 tampak seperti gambar, mulai dari googledrive sampai dengan sugarsync. Dari 15 tersebut emang yang terlihat menjanjikan adalah GoogleDrive dan Microsoft OneDrive, karena dua-duanya mendukung semua kebutuhan mulai dari Online Editing, sampai dengan ketersediaan Android App. Tetapi untuk jumlah Storage yang disediakan Punya Google dan Box menyediakan Storage yang besar yaitu 15 GB dan 10 GB.

Penggunaan CLOUD STORAGE akan sangat membantu anda disaat anda membutuhkan file file penting dan tidak memiliki Flash Drive. dan uniknya lagi kita bisa mengambil data secara langsung dengan koneksi Internet yang ada di Smartphone atau melalui koneksi wifi. Oh iya satu lagi nih. Untuk versi corporate (EDUCATION) Google sangat support disisi akademik dengan NO LIMIT STORAGE. Saya gunakan GOOGLE STORAGE untuk nyimpan data RATUSAN GB.

Itats Drive

Saya menggunakan GoogleDrive untuk backup data Sehari hari, sedangkan MediaFire saya gunakan untuk meletakkan file ngajar.

Mediafier andu

Kenapa saya gunakan Mediafire, karena saya dapat mengetahui jumlah download dari masing-masing materi kuliah saya, dengan itu saya bisa mengontrol data saya. untuk GoogleDrive saya baru menggunakannya. jadi belum mengetahui secara total seluk beluk dari GoogleDrive. Dan Mediafire ini awalnya cuman 10GB, tapi karena banyak yang mendownload data saya, maka oleh MEDIAFIRE ditambahkan secara otomatis sehingga menjadi 50 GB. Lihat gambar dibawah:

mediafire 2

Bagi saya ..>CLOUD STORAGE sangat membantu saya bekerja dimanapun dan kapanpun, meskipun dengan adanya ISU ISU seputar CLOUD STORAGE.

MENURUT ANDA GIMANA ?

 

BAIK – BURUK – BERGUNA – TIDAK – Itu semua tergantung dari pemikiran teman teman..SEMOGA DAPAT MEMBERI PENCERAHAN…

 

Sudah siapkah…

 

juruketik: andyrachman

PKM 2016

PKM singkatan dari Pogram Kreativitas Mahasiswa, merupakan suatu ajang dimana para mahasiswa mencoba pemikiran kreatifnya secara akademik untuk menciptakan sesuatu yang bergunda baik bagi masyarakat ataupun dirinya. PKM didanai oleh negara melalui Kemenristek Dikti. Informasi lebih lanjut tentang PKM dapat diakses lama dikti http://simlitabmas.dikti.go.id/http://simlitabmas.ristekdikti.go.id/

ristekdikti copy

Program PKM ini di DIKTI mengikuti aturan yang sangat ketat dan  harus di perhatikan oleh mahasiswa sebab secara persyaratan saja jika mahasiswa tidak lengkap akan gagal diproses seleksi. Untuk Edisi Semester Gasal (Bulan Agustus- Januari) Program PKM yang didanai RISTEK DIKTI antara lain:

  • PKM PENELITIAN (PKM-P)
  • PKM KEWIRAUSAHAAN (PKM-K)
  • PKM PENGABDIAN KEPADA MASYARAKAT (PKM-M)
  • PKM TEKNOLOGI (PKM-T)
  • PKM KARSA CIPTA (PKM-KC)

Sedangkan untuk Semester Genap (Bulan Februari – Juli) Program PK yang didanai oleh RISTEK DIKTI antara lain:

  • PKM ARTIKEL ILMIAH (PKM-AI)
  • PKM GAGASAN TERTULIS (PKM-GT)

informasi dari http://faperta.untad.ac.id/informasi-pkm-pendanaan-2017/ bahwa pendanaan tahun 2017 Proposal  dalam kondisi terupload terakhir tanggal 31 Oktober 2016.

Semoga Berhasil

Juru Ketik: Andy Rachman