Membuat Proyek Berbasis CodeIgniter dengan Composer

Composer merupakan salah satu tool wajib yang harus dikuasai oleh programmer PHP masa kini. Silakan berkenalan di sini, jika Anda belum mengenalnya 🙂

Pos kali ini bertujuan untuk memaparkan langkah-langkah singkat dalam membuat proyek PHP berbasis kerangka kerja (framework) CodeIgniter dengan memanfaatkan Composer. Sebagai keterangan, perintah yang dijalankan pada pos ini adalah perintah-perintah Linux (pada Terminal). Jika Anda pengguna Windows, kiranya perintah yang dijalankan juga akan mirip (hanya beda perintah untuk change directory, pakai backslash). Lanjut!

(more…)

Triangulasi dalam Penelitian Kualitatif [Mirror]

Triangulation in Action
Sumber: PeakUsability.com.au

Salah satu pertanyaan penting dan sering muncul dari para peneliti dan mahasiswa yang sedang melakukan penelitian adalah masalah triangulasi. Banyak yang masih belum memahami makna dan tujuan tiangulasi dalam penelitian, khususnya penelitian kualitatif. Karena kurangnya pemahaman itu, sering kali muncul persoalan tidak saja antara mahasiswa dan dosen dalam proses pembimbingan, tetapi juga antar dosen pada saat menguji skripsi, tesis, dan disertasi. Hal ini tidak akan terjadi jika masing-masing memiliki pemahaman yang cukup mengenai triangulasi. Umumnya pertanyaan berkisar apakah triangulasi perlu dalam penelitian dan jika perlu, bagaimana melakukannya. Berikut uraian ringkasnya yang disari dari berbagai sumber dan pengalaman penulis selama ini.

(more…)

C/C++ Unbounded Array Stack

Sebagai seorang programmer ataupun yang pernah atau sedang belajar tentang pemrograman komputer, Anda pasti pernah mendengar tentang konsep arrayArray merupakan salah satu struktur data yang umumnya digunakan untuk menyimpan lebih dari 1 data dalam sebuah variabel. Secara umum, jumlah data yang bisa dimasukkan ke dalam array yaitu sebanyak n buah data sesuai dengan yang telah dideklarasikan oleh sang programmer. Misalkan sang programmer mendeklarasikan array dengan jumlah elemen 3, maka otomatis hanya 3 data saja yang bisa masuk ke dalam array tersebut, umumnya menempati alamat/indeks 0 s.d. 2.

(more…)

Relatifnya Kemunculan Lailatul Qadar

Seperti diketahui bersama, masyarakat secara umum mengetahui bahwa waktu kemunculan ليلة القدر ‘lailatul qadar’ (Apa itu lailatul qadar dan apa keutamaannya? Silakan baca di sini) terjadi pada 10 malam terakhir Ramadan berdasarkan hadis [1][2][3]. Di samping itu, diketahui pula bahwa dari 10 malam terakhir itu, lailatul qadar kemungkinan besar jatuh pada salah satu malam ganjilnya [1], yang kalau dalam pandangan umum, malam tersebut adalah malam ke-21, 23, 25, 27, atau 29 Ramadan dihitung dari awal Ramadan [4][5].

(more…)

Melakukan Navigasi Antar-activity via Button

Cara mudah melakukan navigasi antar-activity melalui perantara (trigger) Button adalah dengan memanggil method startActivity(). Namun, sebelumnya, Anda harus terlebih dahulu memastikan bahwa Anda sudah memiliki (paling tidak) dua buah activity yang akan di-link-kan beserta sebuah tombol (button) pada activity yang akan menjadi penjembatan untuk menuju ke activity lain, misal seperti terlihat pada Gambar 1 dan 2 berikut.

(more…)

Kumpulan Doa Haji: Edisi Padat

Saat hendak pergi ke tanah suci (بيت اللـه المحرم), entah urusan haji kecil (umrah) ataupun haji besar (haji yang sekarang ngantrinya tahunan), pastinya Bapak, Ibu, Saudara, atau Anda sendiri akan disibukkan dengan proses manasik. Kalau Anda tidak tahu apa itu manasik, silakan buka KBBI 🙂 Nah, hal itu juga dilakukan oleh Simbah saya yang kebetulan juga In sya Allah akan naik haji tahun 1436 H ini.

(more…)

Seri Penulisan Ilmiah: Pemosisian Gambar

Sudah menjadi hal yang lumrah ketika kita menulis sebuah tulisan ilmiah, akan ada banyak penjelasan ngalor-ngidul dalam bentuk uraian (paragraf) berdasarkan referensi ini dan itu, termasuk penjelasan dalam bentuk gambar yang biasanya digunakan untuk memudahkan pembaca dalam menangkap maksud dan tujuan dari si penulis. Dilihat dari tujuan penyertaan gambar, sepertinya tidak ada masalah. Nah, permasalahan muncul pada sisi layouting (penataletakan) gambar (this is fact, trust me :D). Penataletakan yang dimaksud adalah penataletakan gambar di seputaran uraian gambar. Masalah tersebut biasanya muncul akibat ukuran kertas yang memang terbatas (asumsikan saja ukuran kertas yang digunakan adalah A4). Apa Anda juga pernah merasakan kegalauan yang seperti itu? Kalau iya, mari coba kita bahas 🙂

Cara Penomoran Subbab Karya Ilmiah

Untuk menomori subbab dalam sebuah karya ilmiah (khususnya skripsi) ternyata tidak semudah yang dibayangkan. Bukan tanpa dasar kalimat tersebut saya tulis di sini. Dari sekian banyak tulisan ilmiah mahasiswa yang sempat saya baca, banyak yang mekanisme penomorannya seakan acak, tanpa dasar, tanpa mengacu pada kaidah tertentu. Oleh karena itu, perlu kiranya kita bahas di sini, betul?  :mrgreen:

Ok, silakan dilanjut membacanya…

Model penulisan karya ilmiah biasanya mengikuti tata aturan tertentu, umumnya tempat publikasi karya ilmiah sudah menyediakan modelnya (biasa disebut sebagai gaya selingkung [style]). Tapi, mungkin hanya sebagian yang sampai detail memberikan arahan dalam hal penomoran subbabnya. Jika demikian, mari kita bahas.

(more…)

Re-install MATLAB: Beda Arsitektur Beda Lisensi

Rasanya sudah tidak asing lagi perangkat lunak ini di telinga kita, perangkat lunak yang cukup digandrungi para ‘saintekers’ (baca: ahli sains dan teknologi) dewasa ini, ya, MATLAB. Betapa banyak penghuni dunia yang sangat piawai dalam menggunakan perangkat lunak (tools) super canggih ini 😀

Tidak perlu berbelit-belit, langsung saja, tulisan singkat ini berfungsi sekedar untuk memberikan informasi kepada Anda (buat yang belum TaHu) sekaligus sebagai catatan pribadi penulis saat ingin memasang-ulang (re-install) MATLAB di PC, khususnya apabila kita sudah memiliki key maupun berkas lisensi hasil aktivasi kita (sebelumnya).

(more…)