March 23, 2024

Alternatif GetDeb

GetDeb (http://getdeb.net) merupakan salah satu situs yang menyediakan berbagai paket perangkat lunak untuk sistem operasi Linux yang berbasis Debian (paket aplikasinya memiliki ekstensi *.deb). Sehingga, selain paket-paket perangkat lunak yang sudah disediakan oleh repository Linux yang bersangkutan, pengguna dapat pula menambah daftar perangkat lunak lainnya (third party software), antara lain dari situs getdeb tersebut. Namun, beberapa bulan ini, si ‘getdeb’ itu dalam keadaan tidak aktif, sehingga, saya pun harus muter-muter nyari alternatifnya. Alhamdulillah, akhirnya ketemu cerminnya di sini:

Dan kebetulan, paket yang tersedia di situs tersebut adalah paket perangkat lunak untuk Linux Ubuntu, tapi rasanya tidak menutup kemungkinan untuk dipasang di distro Linux yang lain.
Oke, cara untuk menambahkan daftar repository dari situs cerminan getdeb tersebut bagaimana? Nih, Gan, jalanin aje perintah berikut di terminal ente!
echo "deb http://mirrors.dotsrc.org/getdeb/ubuntu $(lsb_release -cs)-getdeb apps" | sudo tee /etc/apt/sources.list.d/getdeb.list

Kalau misal pengen nambahin yang source-nya, jalanin lagi perintah itu, plus tambahin -src setelah deb (deb-src bla… bla…).
Ya…, gitu deh, sampe situ dulu, selamat mencoba.

2 thoughts on “Alternatif GetDeb

Leave a Reply