Mengenal Pengolahan Citra Digital menggunakan Python yuuukkk….

Apa sih Citra Digital itu? oke sebelum kita mengerti yang dimaksud citra digital itu apa..coba kita perhatikan bahwa mata yang kita miliki merupakan salah satu media input dari Tuhan yang dapat mengcapture ataupun me record setiap kejadian ataupun gambar yang nampak. Gambar tersebut nama lainnya adalah Citra, Citra sendiri didefinisikan sebagai fungsi dari dua variabel misalkan P(x,y). P sendiri sebagai amplitudo (misalnya Kecerahan) citra pada koordinat x dan y. Sedangkan yang dimaksud dengan Citra Digital yaitu yang direpresentasikan oleh array dua dimensi atau bahkan sekumpulan array. Nah setiap elemen array disebut sebagai piksel. Nah untuk mengolah citra tersebut dikenallah salah satu bidang ilmu yang disebut Pengolahan Citra Digital. Oke sekarang kita akan belajar Pengolahan Citra Digital secara dasar menggunakan python yaaa….

Pertama kita install dulu Anaconda Navigator ya bisa klik link ini https://www.anaconda.com/distribution/ bisa pilih sesuai dengan OS masing” ya. Nanti kalau berhasil install tampilannya kayak di bawah ya

Setelah itu install yang Jupyter Notebook di dashboard tersebut. Kalau sudah nanti tampilannya seperti ini

untuk selanjutnya bisa dipilih tempat penyimpanan setiap file code yang akan kita dibuat sesuai dengan keinginan masing-masing. Setelah itu klik tombol menu New yang letaknya di kiri kanan atas. Jangan lupa pilih Python 3.

Awal kita akan belajar operasi sederhana dalam pengolaha citra digital. Yaitu mengubah Citra RGB / Berwarna menjadi Citra Grayscale. Kita akan import dulu library-library yang dibutuhkan, seperti tampilan di bawah ini:

matplotlib merupakan library yang bisa kita gunakan apabila kita ingin menampilkan visualisasi grafik/gambar dalam kualitas yang bagus. Sedangkan fungsi import cv2 yaitu memanggil modul opencv untuk proses input,simpan dan menampilkan citra/image. Selanjutnya kita ketikkan perintah di bawah ini :

imread erupakan singkatan dari image read yaitu perintah untuk membaca image/citra pada tempat penyimpanan citra yaitu folder media/03 dengan nama file citra battlefront.jpg. Hal yang harus diingat gambar/citra yang akan digunakan letakkan dalam satu folder file python yang kita create. Oke selanjutnya kita akan cek apakah citra yang kita inputkan dapat dibaca oleh sistem???? kita ketikkan perintah berikut yaaaa

Perhatikan perintah imshow merupakan singkatan dari image show. Dimana fungsinya untuk menampilkan image/citra yang telah di panggil/inputkan.Jangan lupa untuk me run kita cukup tekan tombol keyboard shift + enter secara bersamaan pada sel tersebut. Jika berhasil maka tampilan nya taraaaaa…….akan seperti ini

Selanjutnya kita akan ubah dari citra RGB menjadi citra Grayscale. Ketikkan perintah berikut pada shell berikutnya. Dan apabila di run (shift+enter) hasilnya akan nampak seperti berikut :

Perhatikan perintah cvtColor dan cv2.COLOR_RGB2GRAY kita pelajari yuk satu-satu….. cvtColor merupakan perintah untuk mengkonversi warna. Sedangkan cv2.COLOR_RGB2GRAY merupakan perintah untuk menkonversi citra berwarna menjadi gray (abu-abu) dimana fungsi tersebut ada pada library cv2. Dan untuk menampilkan citra keabuan dalam bentuk array 2 Dimensi cukup ketikkan perintah print (gray_img). Dan kita bisa juga menampilkan citra grayscale dalam bentuk gambar dengan mengetikkan perintah berikut :

Dan akhirnya muncul…..yeeaaayyy…mudah bukan???? oh iya dalam jupyter notebook kita harus run barisan perintah dari awal ya….Next kita akan bahas proses pengolahan citra digital yang lainnya…selamat Mencoba.

Leave a Reply

Your email address will not be published.