APA itu Kecerdasan Buatan ?

Thinking Humanly. berfikir seperti manusia. membuat mesin atau perangkat lunak yang bisa berfikir seperti manusia. Pendekatan model kognitif. kognitif adalah segala aktiitas yang berhubungan dengan otak. ranah kognitif memiliki beberapa aspek seperti : pengetahuan, pemahaman, penerapan, analisis dan evaluasi. Jika kita ingin membuat program yang bisa berfikir seperti manusia, maka kita perlu mengetahui bagaimana cara manusia berfikir. Untuk mendapatkan hal tersebut ada 3 cara: melalui introspeksi dengan mengintropeksi pola pikir kita sendiri untuk mendapatkah pola otak pada umumnya. Melalui uji coba psikilogi. Dan melalui gambaran aktifitas otak.

Thinking Rationally. Rationally berarti bisa rational, atau bisa diterima. pendekatan aturan sebuah pikiran. Philosophi Yunani yang paling terkenal Aristotle memperkenalkan pada dunia ini bagaimana cara berfikir yang benar, Right Thinking. Penemuanya dinamakan sebagai syllogisme, yaitu argumen deduktif yang terdiri dari dua premise dan satu kesimpulan. hal ini selalu mendapatkan struktur kesimpulan yang benar apabila mempunyai premise yang benar pula, contohnya: Semua mahasiswa Informatika pasti pintar, anak pintar adalah anak jurusan IPS, maka hasilnya mahasiswa informatika adalah anak IPS.

Acting Humanly. Membuat mesin atau komputer, bertingkah laku seperti manusia. Alan Turing membuat Turing test yang bertujuan untuk menguji coba sebuah kecerdasan buatan. Testnya ini akan berlangsung melibatkan manusia, jika manusia itu tidak menyadari bahwa dia berinteraksi dengan komputer maka diangap kecerdasan komputer tersebut lolos dari Turing Test, begitu juga kebalikanya. Area yang dapat dikerjakan dalam mendapatkan komputer yang berfikir seperti komputer antara lain :

  • Natural Language Procesing : interaksi komputer dan manusia melalui percakapan atau chating dengan bahasa tertentu
  • Knowledge Representation : menyimpan pengetahuan yang diketahui atau didapatkan
  • automated Reasoning : mengumpulkan informasi untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang diketahui dan atau mengambil kesimpulan
  • Machine Learning : beradaptasi terhadap persoalan atau keadaan dan untuk mendeteksi dan untuk meramalkan kemungkinan terhadap pola tertentu.

Acting Rationally: Membuat mesin atau komputer, mempunyai tingkah laku yang rasional. Agent dalam kecerdasan buatan AI adalah yang melakukan suatu tindakan. jika program komputer menghasilkan sesuatu, maka Agent menghasilkan lebih dari itu seperti : outomasi, mempresepsikan keadaan sekitar, beradaptasi dengan lingkungan sekitar, merubah dan menghasilkan tujuan.

Leave a Reply

Your email address will not be published.