January 18, 2022

Membuat Proyek Berbasis CodeIgniter dengan Composer

Composer merupakan salah satu tool wajib yang harus dikuasai oleh programmer PHP masa kini. Silakan berkenalan di sini, jika Anda belum mengenalnya 🙂

Pos kali ini bertujuan untuk memaparkan langkah-langkah singkat dalam membuat proyek PHP berbasis kerangka kerja (framework) CodeIgniter dengan memanfaatkan Composer. Sebagai keterangan, perintah yang dijalankan pada pos ini adalah perintah-perintah Linux (pada Terminal). Jika Anda pengguna Windows, kiranya perintah yang dijalankan juga akan mirip (hanya beda perintah untuk change directory, pakai backslash). Lanjut!

Langkah 1: Buka terminal.

Langkah 2: Masuk ke direktori tertentu (misal pada direktori www atau htdocs), contoh:

$ cd /var/www

Langkah 3: Jalankan:

$ composer create-project codeigniter/framework belajar_ci 3.1.2

create-project  merupakan perintah yang disediakan Composer untuk membuat proyek baru. codeigniter/framework  merupakan framework yang digunakan, dalam hal ini CodeIgniter. belajar_ci merupakan direktori tempat proyek akan dibuat. Sedangkan 3.1.2 merupakan versi CodeIgniter yang digunakan.

Perintah pada langkah 3 tersebut akan membuat Anda menunggu untuk beberapa saat (tergantung koneksi Internet Anda). Perintah yang dijalankan Composer tersebut akan mengunduh framework beserta file-file pendukung lainnya. Tambahkan opsi -vvv  setelah perintah composer  untuk mengetahui proses yang sedang dilakukan oleh Composer.

Setelah selesai, Anda akan menemukan struktur direktori seperti berikut.
Struktur Folder CodeIgniter
Setiap proyek yang dibuat dengan Composer umumnya akan memiliki direktori vendor dan pasti memiliki file composer.json yang berisi konfigurasi dependensi library yang digunakan.

Langkah 4: Buka URL proyek: http://localhost/belajar_ci  (pastikan web server Anda sudah berjalan). Jika Anda mendapatkan tampilan ini:

CodeIgniter Hello

berarti Anda telah berhasil membuat proyek berbasis CodeIgniter. Sekian.

Note: Anda dapat pula mengakses laman tersebut melalui URL http://localhost/belajar_ci/index.php/welcome

8 thoughts on “Membuat Proyek Berbasis CodeIgniter dengan Composer

Leave a Reply