Contoh Studi kasus Analisa Kebutuhan Sistem Informasi Kasir

Pada post kali ini saya hanya akan memberi contoh studi kasus bagaimana cara menganalisa kebutuhan dari user. User yang saya angkat kali ini adalah user sebuah toko frozen food, toko yang berjualan produk-produk makanan beku. Mari kita berasumsi nama user toko tersebut adalah Robig.

robig mengedaki toko yang dimiliki sekarang mempunyai sistem informasi, karena tanpa sistem informasi Robig harus merekap setiap bulan untuk mengetahui omset yang dimiliki, dan kebingungan ketika terlalu banyak pesanan (indend), dan juga susah untuk melihat informasi barang yang paling sering dibeli.

Fitur-fitur sistem informasi yang ingin dimiliki oleh Robig pada sistem informasinya sebagai berikut: 

    • Sistem informasi tersebut dapat mendata PRODUK dengan attribute : idProduk, namaProduk, harga.
    • Mendata CUSTOMER dengan attribute : idCustomer, namaCustomer, alamatCustomer, dan telpCustomer. 
    • mendata setiap PEMESANAN yang masuk dengan attribute yang akan data: tanggal pesanan, nomer pesanan, nama customer pemesan, total harga seluruh produk yang akan dipesan.
    • mendata setiap PEMBELIAN, dengan attribute yang didata: tanggal pembelian, nomer pemesan, nama customer jika termasuk member, total yang harus dibayar, produk-produk yang dibeli. 
    • jika sudah melakukan transaksi PEMESANAN dan akan melakukan PEMBELIAN, user menghendaki hanya tinggal input nomer PEMESANAN saja. 
    • Laporan transaksi setiap bulan. 

Leave a Reply

Your email address will not be published.