Entity Types, Entity Sets, Attributes, and Keys

ER model mendeskripkan entitas-entitas, relasi-relasi dan atribute-atribute.

Entitas dan Atribute

ER model sebenarnya adalah pemetaan entitas dan relasi terhadap entitas yang lain. lalu entitas itu apa? entitas dalam dunia nyata bisa berupa objek nyata secara fisik, misalkan dalam entitas mobil, karyawan, sekolah, gaji, transaksi penjualan dan lain-lain. setiap entitas mempunyai beberapa attribute, attribute ini melekat pada setiap entitas, atribute adalah deskripsi khusus dari sebuat entitas, misal entitas pegawai bisa kita deskripsikan dari nomer ktp, nama, alamat, telp, tanggal lahir, sex, dll.

contoh entitas dan attributnya

gambar diatas terdisi dari dua entitas, e1 dan c1. e1 mengambarkan entitas pegawai ke-1, dimana pegawai tersebut mempunyai nama john smith, alamat 2311 kirby huston 7701, texas, dan selebihnya. c1 mengambarkan entitas Company ke-1 dimana setiap company akan mempunyai nama, kantor pusar dan presiden. entitas c1 mempunyai nama sunco oil, kantor pusat di houston dan presidennya adalah john Smith.

Dalam ER ada beberapa jenis-jenis dari attribut: simple versus composite, single value versus multivalue, dan stored versus derived

Simple (Atomic) versus Composite Attribute. composite attribute adalah attribut yang masih bisa dipecah-pecah lagi menjadi atomic atau simple attribute. composite attribute dapat dijadikan hirarki attribute, seperti contoh gambar dibawah, address termasuk attribute composite. seperti contoh pada e1 alamatnya 2311 kirby huston 7701. Jika kita pecah menjadi atomic attribute maka nomer:2311, jalan : kirby, kota:houston, kode pos: 7701. Pertanyaannya kapan kita gunakan composite atau atomic? untuk menjawab pertanyaan tersebut jawaban paling umum adalah melihat kondisi, kondisi seperti apa? jika kondisi attribute tersebut berupa kesatuan dan kita tidak perlu melakukan pencarian dari detail tersebut maka kita bisa mengunakan composite, contoh, alamat-> sidosermo 4/36-d. Kebalikanya jika kondisi kita membutuhkan detail dan detail itu bisa dijadikan konstrain pencarian data maka sebaiknya kita gunakan atomic attribute, contoh merk: honda, type: jazz, tahun: 2018, cc:1500.

Single Valued versus Multivalued Attribute. Pada umumnya nilai-nilai attribute yang ada adalah single value, artinya hanya mempunyai satu nilai, contoh nama pegawai, umur, sex. Tetapi ada kalanya attribute bisa diisi dengan multivalue. multivalue berarti banyak nilai dalam satu attribut. contoh warna mobil, warna mobil bisa satu, atau lebih dari satu warna. Pertanyaanya adalah apakah diperbolehkan multivalue? jika kita melihat dari normalisasi maka tidak boleh ada attribute yang bersifat multivalue, tapi terlepas dari itu apakah bisa? saya bisa menjawab dengan BISA. sangat dimungkinan dalam database, apa kekurangan jika multivalue? kekurangan jika multivalue adalah kita harus membuat size dari attribute lebih besar dengan asumsi beberapa data bisa masuk. misalkan warna mobil, jika single value kita bisa membuat size attribute warna dengan melihat list warna dengan character paling panjang. tetapi jika attribute multivalue, kita harus membuat size attribute 3 kali atau 4 kali lebih lebar menantisipasi terdapat multi nilai.

Stored versus Derived Attributes. Beberapa attribute ada yang mempunyai hubungan seperti umur dan tanggal lahir. attribute-attribute tersebut mempunyai hubungan, umur bisa dilihat dari tanggal lahir. jadi attribute umur adalah attribute derived (attribute turunan) ditirunkan dari attribute tanggal lahir dimana disebut attribute stored. pada beberapa kasus attribute derived bisa diturunkan dari entitas yang berhubungan atau diluar attribute entitas tersebut. contohnya adalah total pekerja pada attribute employ, bisa berasalah dari attribute employ.

Null Attribute, nule attribute berarti attribute itu boleh tidak diberi nilai atau kosong. ada beberapa kasus yang attribute itu tidak harus diberi nilai, contohnya nomer appartment. jika pegawai tidak mempunyai appartment maka nomer appartment tidak bisa diisini.

Complex Attribute, attribute ini terdiri dari gabungan dari multivalue attribute dan composite attribute. contoh pada dunia nyata adalah ketika kita mendata pegawai dengan lebih dari satu alamat. satu alamat memuat banyak nilai.

Leave a Reply

Your email address will not be published.