Studi Kasus Pembentukan Desain Database (Navathe & Elmasri)

Pada Artikel ini akan memberi contoh pembentukan sistem database COMPANY, akan dibahas langkah demi langkah pembuatan CDM dari proses requirment. database COMPANY akan mencatat pegawai, depaterment, dan projek yang dimiliki oleh COMPANY. Kita asumsikan proses pemetaan kebutuhan telah dilaksanakan dan menghasillkan poin-poin sebagai berikut :

  • perusahaan terorganisasi ke departerment-depaterment. setiap depaterment memiliki nama yang unique, nomer unik dan pegawai khusus yang mengepalai departerment tersebut. akan dicatat kapan pegawai tersebut mulai menjadi kepala depaterment. sebuah depaterment bisa mempunyai beberapa lokasi berbeda.
  • setiap depaterment mengkontrol jumlah dari projek yang didapatkan, setiap projek akan mempunyai nomer, nama yang unik dan single location.
  • menyimpan setiap data pegawai : nama, nomer ktp, alamat, salary, sex, dan tanggal lahir. setiap pegawai akan ditempatkan di satu departerment, tetapi mungkin bekerja diberapa project yang mana tidak harus dideparterment yang sama. akan harus dicatat berapa jam lama bekerja dalam seminggu yang ditempuh pegawai untuk satu project. dan juga dicatat supervisor yang ditunjuk untuk membawahi pegawai-pegawai yang dimana dia juga termasuk pegwai.
  • dan perusahaan ingin mencatat hubungan antar pegawai untuk asuransi pegawai. yang akan dicatat adalah nama depan, sex, tanggal lahir dan relasi terhapad pegawai lain.

selanjutnya akan dibahas step by step proses pembuatan desain database dalam post yang selanjutnya, guna memperdalam materi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.