Kenapa Harus DATABASE? (Korth & Silberschatz)

Apakah ada cara lain untuk menyimpan data selain database? cara lain untuk menyimpan data selain database adalah di file system, seperti notepad, excel, word atau kita mempunyai file dengan format khusus. Tetapi dengan penyimpanan file system ada beberapa kemampuan yang tidak kita peroleh, Seperti :

  • Data Redudandcy and Inconsistency
  • Diffuculty in accesing data
  • Data Isolation
  • Concurrent Access Anomalies
  • Security Problems
  • Integrity Problems

Data Redudancy dan Inconsistency. Ketika kita membuat file program, maka setiap programer akan mempunyai format khusus terhadap file tersebut. Karena khusus tersebut sehingga programer lain akan kesulitan meneruskan format file tersebut. Hal lain bisa terjadi ketika dibutuhkan banyak client, seluruh file program harus mengikuti program yang telah dibuat. Bisa dikatakan bahwa file program atau file system akan tidak konsisten dan juga akan mengakibatkan data redundant (data sama). Sebagai contoh kasus data redundant, jika kita mempunyai customer dan transaksi pembelianya, maka disetiap cabang toko harus mempunyai data customer. Data customer tidak boleh hanya dimiliki oleh satu toko saja, hal ini mengakibatkan pembengkakan ukuran kebutuhan storage.

Difficulty in Access Data. Untuk menghilangkan redudan data seperti contoh diatas maka jalan satu-satunya adalah mensharing file data customer. tetapi hal tersebut akan menimbulkan masalah baru yaitu kesulitan untuk mengakses data tersebut. diperlukan code khusus untuk membaca dan menulis data yang baru. sebuah contoh kasus yang lain, jika kita ingin melakukan pencarian data customer yang bertempat tinggal di kota khusus, maka kita harus bekerja extra keras untuk membuat program tersebut.

Data Isolation. Ketika kita akan mengembangkan program maka kita harus tetap mempekerjakan programer yang lama, ketika kita menganti programer kemungkinan besar data yang telah kita koleksi tidak akan digunakan lagi, maka data akan terisolasi.

Concurrent data anomalies. Kesusahan yang lain ketika akan terjadi keanehan data atau tidak sinkoron. jika kita melakukan file system, ada kemingkinan setiap client akan memiliki file format masing-masing maka yang format akan juga berbeda. akan sangat susah mendeteksi keanehan data. misalkan client A menerapkan format tanggal bulan tahun, client B menerapkan tahun bulan tanggal, manager perusahaan itu akan kesulitan mencari data disemua client pada kurun waktu tertentu.

Security dan Integration Problems. Ketika file system kita sharing maka sangat rentan data itu akan dicuri atau dibaca orang yang tidak diberi hak akses. atau sebaliknya ketika kita mengijinkan role kasir untuk mengakses data Barang akan menjadi sangat susah untuk programer memberi hak akses kasir hanya memperbolehkan melihat data barang, tanpa boleh menganti atau mendelete data Barang. Sama halnya dengan Integrasi, integrasi ke program yang baru akan punya chalengge yang besar. karena format tidak standart.

Leave a Reply

Your email address will not be published.